Manfaat Utama Drone Dalam Konstruksi Perumahan

Daftar 5 Manfaat Utama Drone dalam Konstruksi Perumahan

Manfaat Utama Drone dalam Konstruksi Perumahan

Well! Salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ini adalah kekurangan perumahan yang terus berlanjut. Perumahan yang tersedia tidak cukup untuk semua orang yang menginginkannya, sehingga perusahaan konstruksi menikmati permintaan yang tetap terhadap pembangunan perumahan baru. Akibatnya, perusahaan konstruksi perlu menghasilkan output perumahan dalam jumlah besar dengan kualitas yang baik namun tetap menjaga margin.


Namun hal ini bukanlah tugas yang mudah mengingat permasalahan rantai pasokan saat ini seperti kekurangan kayu. Untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sekaligus mengurangi biaya, kontraktor umum perlu memanfaatkan teknologi baru. Ada banyak sekali manfaat menggunakan teknologi drone dalam konstruksi perumahan. Drone dapat menyederhanakan pengoperasian lokasi di semua tahap konstruksi—mulai dari prakonstruksi, pekerjaan tanah, dan bahkan selama penutupan proyek. 
Manfaat Utama Drone dalam Konstruksi Perumahan

Di artikel sebelumnya kami di @whydronesub telah membagikan informasi tentang Penggunaan Drone Sebagai Hobi dan Profesi. Dan, dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang Daftar 5 Manfaat Utama Drone dalam Konstruksi Perumahan

Peran Drone untuk Pengembang Rumah Konstruksi Baru

Manfaat Utama Drone dalam Konstruksi Perumahan

Berikut adalah 5 manfaat utama penggunaan drone dalam pembangunan perumahan baru:

1. Survei & Pemetaan Tanah


Selama fase perencanaan, drone dapat melakukan survei tanah dengan memetakan seluruh lokasi konstruksi dari udara dengan bantuan kamera dan sensor yang menghadap ke bawah. Survei tanah penting karena dapat menetapkan batas-batas properti dan memungkinkan anda memahami letak tanah sebelum anda mulai membangun. Drone dapat menyediakan dua jenis utama survei tanah:

  • Survei batas—Ini menetapkan garis properti sehingga anda tahu di mana properti itu berakhir dan dimulai.
  • Survei topografi—Survei ini mengidentifikasi ketinggian lahan dan fitur properti sehingga anda tahu di mana harus membangun dan apa yang harus dihindari.

Namun mengapa menggunakan drone dibandingkan metode survei tanah tradisional? Ya, survei tanah tradisional memerlukan alat berat seperti total station dan theodolite dan dapat memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menyelesaikannya. Drone juga dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Mereka dapat menangkap rekaman udara dari wilayah yang luas dalam hitungan menit, yang sangat penting mengingat betapa besarnya pembangunan perumahan. Ditambah lagi, survei tanah dengan drone bahkan dapat mencapai akurasi tingkat sentimeter. Jadi dengan drone, anda bisa mendapatkan survei lahan yang lebih baik dalam waktu singkat.

2. Dokumentasi Foto untuk Mitigasi Sengketa


Manfaat besar lainnya menggunakan drone dalam pembangunan perumahan adalah dokumentasi foto. Mereka dapat menunjukkan kualitas pengerjaan dan apakah selesai tepat waktu sehingga kontraktor umum dapat mengevaluasi pekerjaan subkontraktor. Misalnya, anda menyewa beberapa subkontraktor untuk memasang sirap atap aspal di setiap rumah dalam pembangunan, penerbangan drone yang cepat dapat dengan mudah mengomunikasikan rumah mana yang telah selesai dibangun dan apakah pekerjaan tersebut telah selesai sesuai dengan standar bangunan anda. Dokumentasi foto juga membantu menyelesaikan potensi perselisihan di kemudian hari. Baik itu masalah desain, manajemen yang buruk, atau perbedaan pendapat mengenai ruang lingkup proyek, memiliki foto udara memberi anda catatan nyata sebagai referensi.

3. Pelaporan Pekerjaan Tanah


Drone juga dapat sering memberikan pelaporan pekerjaan tanah sebagai cara untuk mempertahankan status terkini pekerjaan tanah di seluruh lokasi. Ini membantu semua anggota tim mengetahui kapan proyek terlambat atau lebih cepat dari jadwal sehingga anda dapat membuat rencana yang sesuai. Misalnya, drone dapat melakukan:

  • Laporan potong dan isi secara berkala sehingga Anda tahu kapan harus memindahkan kotoran ke dalam dan ke luar lokasi. Misalnya, tidak ada gunanya menghilangkan kotoran jika Anda membutuhkannya nanti atau membawa kotoran baru jika sudah cukup.
  • Pengukuran timbunan sehingga anda mengetahui posisi anda pada tingkat material dan pasokan. Dengan begitu, anda tidak akan terjebak dengan terlalu banyak atau terlalu sedikit dan menghindari waktu henti.

Drone melakukan semua ini dengan menggunakan teknologi penentuan posisi dan penyaringan medan yang canggih untuk mengukur perubahan topografi di lapangan. Misalnya, mereka merujukmenggunakan penanda fisik yang disebut titik kendali tanah (GCP) yang ditempatkan di seluruh lokasi konstruksi dan menggunakannya untuk mengkalibrasi posisi GPS yang tepat. Kemudian dengan menggunakan teknologi fotogrametri, point cloud 3D dapat dibuat untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari gambar. Dengan begitu, anda dapat mengukur area yang anda inginkan dengan presisi. Pada akhirnya, jenis pelaporan pekerjaan tanah yang terperinci ini membantu proyek konstruksi tetap sesuai jadwal dan mengurangi biaya yang tidak direncanakan. Dengan pengukuran yang lebih akurat, kesalahan yang merugikan akan lebih sedikit.

4. Melihat Situs dari Jarak Jauh


Setiap proyek pembangunan perumahan besar akan memiliki banyak pemangku kepentingan—investor, pemerintah daerah, manajer konstruksi, dan banyak lagi. Agar semua orang mendapatkan informasi terbaru, anda dapat meminta drone melakukan penerbangan cepat untuk menangkap rekaman udara yang dapat dilihat dari jarak jauh. Hal ini menghemat waktu berjam-jam bagi para pemangku kepentingan karena tidak perlu melakukan perjalanan ke lokasi dan berjalan secara fisik melalui keseluruhan pembangunan.

Data drone dapat disiarkan langsung atau diunggah ke cloud untuk diakses oleh anggota tim pada waktu mereka sendiri. Hal ini memungkinkan manajer proyek dan pemilik aset untuk mengawasi proyek konstruksi di mana pun mereka berada. Dan itu dapat memberikan pembaruan penting tentang pekerjaan subkontraktor, material, peralatan, dan sebagainya.

5. Memasarkan Komunitas


Terakhir, drone dapat membantu menciptakan materi pemasaran terbaik untuk menampilkan arsitektur, lokasi, dan komunitas properti kepada penghuni di masa depan. Misalnya, drone dapat membuat tur video panorama 360° sehingga calon penyewa dapat melihat properti secara mendalam sebelum mengunjunginya secara langsung. Ini bagus untuk memberikan materi pemasaran yang menarik pada situs web properti.

Anda bahkan dapat menambahkan musik dan teks di layar ke rekaman drone untuk memberikan kesan ekstra. Apa pun untuk mengesankan pemirsa dan memberi mereka perspektif yang menarik. Pada akhirnya, foto dan video udara berkualitas tinggi akan membantu meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan baru selama pembangunannya sehingga dapat mulai menarik perhatian pembeli potensial. Dan rekaman drone juga akan membantu menarik penyewa baru dengan lebih cepat sehingga properti dapat menghindari kekosongan yang mahal setelah properti tersebut beroperasi.

Penutup


Manfaat Utama Drone dalam Konstruksi Perumahan

Ingin memulai Fotografi dan Videografi Drone untuk Pembangun Rumah Konstruksi Baru? Sekarang setelah anda mengetahui beberapa manfaat luar biasa menggunakan drone dalam pembangunan perumahan, anda mungkin bertanya-tanya apa langkah selanjutnya. Jika anda ingin mulai menggunakan drone dalam pembangunan perumahan, pertama-tama putuskan apakah akan berinvestasi dalam program drone internal atau melakukan outsourcing ke kontraktor drone profesional. Ada pro dan kontra terhadap kedua opsi tersebut, namun banyak hal bergantung pada frekuensi penerbangan dan cakupan kiriman anda.
Manfaat Utama Drone dalam Konstruksi Perumahan

Program drone internal memerlukan investasi awal yang besar untuk peralatan baru, pelatihan pilot, dan perizinan, sementara menyewa penyedia layanan drone profesional seperti Why Drone Aerial Surabaya mungkin merupakan cara yang lebih hemat biaya untuk memulai. Kami menawarkan fotografi drone terdepan di industri untuk pembangun rumah konstruksi baru, mengawasi semua undang-undang FAA mengenai penggunaan drone dalam konstruksi, dan memiliki pengalaman bertahun-tahun membantu klien mendokumentasikan lokasi proyek. Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut, silakan jadwalkan konsultasi gratis dengan salah satu pilot drone ahli kami hari ini!

Why Drone Aerial (Jasa Drone Aerial Surabaya)

Pricelist

Harga Layanan Jasa Sewa Drone dan Pilot di Why Drone Aerial (Daftar Harga)

Hotline


Alamat

  • @whydronesub         : Jl. Sambikerep Gg. Apel No.1 Blok B2, Sambikerep, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60213 (Google Maps

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaru dari Why Drone (Jasa Drone Aerial Surabaya) (Daftar Artikel)